7 Oktober 2011


Seminar (Re-)kontekstualisasi Arsitektur Nusantara




Salam Nusantara!

Papan, jika yang dirangkai jutaan, bisa membentuk bangunan kokoh. Papan, juga bermakna tempat. PAPAN yang merupakan kependekan dari Paguyuban Peduli Arsitektur Nusantara, adalah lembaga swadaya masyarakat (non-profit). PAPAN diharapkan menjadi bangunan wadah komunikasi tentang arsitektur rakyat di Indonesia, untuk menyongsong fajar peradaban arsitektur yang lebih baik!

PAPAN mengundang Anda membantu tindakan nyata membina arsitektur rakyat khas daerah di seluruh Indonesia.

Apa tindakan pembinaan itu dan mengapa perlu?
Di dalam PAPAN, kita dapat sekedar berbagi album rekaman perjalanan, dokumentasi tematik, hasil penelitian dari paradigma dan metoda apa saja, sampai dengan memfasilitasi upaya identifikasi, riset baru, pelestarian, pengembangan, atau lahirnya karya-karya Artsitektur Nusantara Kontemporer dari generasi kini. Kami percaya, rasa cinta tanah air kita selaku putera negeri, justru tumbuh kuat di hadapan Indonesia yang tampak kian terpuruk. Namun kita tak dapat melangkah sendirian. Apakah Anda pengajar, seniman, budayawan, pewira-usaha, atau perajin, tua atau muda, profesional atau mahasiswa, arsitek atau bukan, tak jadi masalah. Kepedulian terhadap masa depan bangsalah yang lebih penting. Yakinlah, kegotong-royongan adalah inti-dasar kekuatan kita untuk menjadikan Indonesia lebih bermartabat.

PAPAN cenderung berperan sebagai komunitas ide.
PAPAN adalah lembaga swadaya masyarakat murni yang tak berorientasi politik atau bisnis apa pun. PAPAN juga tidak akan mengikat anggotanya dengan kewajiban apa pun, kecuali bertujuan merajut potensi masyarakat dalam program-program identifikasi, pelestarian, dan peningkatan kualitas lingkungan Arsitektur Nusantara, di seluruh Indonesia secara lebih terpadu. Untuk itu PAPAN menerima dengan terbuka andil pandangan, konsep, pemikiran, maupun pendanaan dari pihak mana pun selama bersifat tak mengikat.

Gagasan tentang perlunya PAPAN.
Ide tentang lembaga swadaya ini dicetuskan oleh berbagai tokoh masyarakat, akademisi, pewira-usaha, dan lembaga pemerintah, di kantor BPTPT (Balai Pengembangan Teknologi Perumahan Tradisional) di Denpasar tahun 2010. Selanjutnya, PAPAN akan dideklarasikan pada kesempatan Seminar Internasional SENVAR (Sustainable Environment and Architecture), di Universitas Brawijaya (UB) pada tanggal 10 Nopember 2011. Sementara, Ketua Tim Formatur adalah Ir. Iwan Suprijanto, MT (BPTPT Denpasar); Ketua Dewan Penasehat adalah Dr. Galih W. Pangarsa (UB).

Kami mohon doa restu dan menanti Anda bergabung... juga, ikut menyebarluaskan undangan ini. Terimakasih.


Ayo, bergabung di PAPAN!
(klik untuk melihat form)



Catatan:

Catatan: Pada awal hari ke-5 setelah di-"on-line"-kan sejak 7 Oktober 2011, 19:00, teman-teman yang mengisi form pendaftaran PAPAN, berjumlah lebih dari 150 orang. Yang peneliti baru 8% (ayo rekan peneliti, segera gabung...). Dari kalangan arsitek, ada Pak Eko Prawoto, Pak Endy Subijono ("Presiden" Ikatan Arsitek Indonesia/IAI nasional) yang senior, Mas Yu Sing dan "arsitek pemeduli kampung" lain dari Surabaya Mas MADcahyo, dan lain-lain. Teman-teman kita tersebar dari Tegal sampai New York (Prof. Ryadi Adityavarman); dari mahasiswa di Medan sampai di Busan (Korea) dan Den Haag. Dari yang menyebut dirinya "rakyat", sampai penerbit buku arsitektur dan komik (Pak Juliastono, bos PT Wastu Lanas Grafika, yang menyebut dirinya "penggembira arsitektur", hahaha...); dari guru sampai kontraktor. Dari latarbelakang pendidikan, banyak yang berstatus mahasiswa S1 (ayo rek, generasi muda, andil kalian kami tunggu...). Ada juga yang S2, S3, dan doktor. Ada yang pengajar muda, ada pula gurubesar (Prof. Josef Prijotomo, Prof. Antariksa, dan lain-lain); itu juga berarti dari yang belia di bawah 25 tahun, sampai yang tetap muda-semangat di usia 56 tahun ke atas. Semua dipersatukan oleh kepedulian pada Nusantara. Ayo, Anda kami tunggu untuk bergabung di PAPAN!


Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Mohon tinggalkan akun valid. Terimakasih kunjungan Anda

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda